Subscribe:

Pages

TEORI ORGANISASI UMUM

BAB I. LATARBELAKANG

ORGANISASI sangatlah penting untuk jaman seperti sekarang ini.Untuk Membentuk Organisasi yang baik harus diperlukan organisasi dan metode-metode yang terrinci dalam melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan .
Pengertian dari organisasi dan metode itu sendiri adalah rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Sebelumnya lebih baik kita mengerti arti organisasi dan metode secara umum terlebih dahuluu.


ORGANISASI dapat diartikan sebagai berikut:
Wadah : sekelompok manusia untuk saling bekerja sama.
Proses : pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisen.


METODE dapat diartikan suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Jadi pengertian organisasi dan metode secara detail adalah Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan keguanaan sumber dan factor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatiakan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah


Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu:
1. Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya.
2. Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen.
3. Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
4. Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.




BABII. PEMBAHASAN


1.PENGERTIAN ORGANISASI
Dilihat dari pengertiannya,ORGANISASI adalah suatu kerjasama dari sekumpulan/sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada.Organisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.


Adapun beberapa pengertian ORGANISASI antara lain:
1.Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikan “organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapaorang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.”


2.Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakan “organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.”


3. Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakan “organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompokorang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.


4. James D Mooney berpendapat bahwa “Organization is the form of every human, association for the assignment of common purpose” atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama.


5. Chester L Bernard (1938) mengatakan bahwa “Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.


6. Paul Preston dan Thomas Zimmerer mengatakan bahwa “Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.” (Organization is a collection people, arranged into groups, working together to achieve some common objectives).


Teori organisasi dibagi atas 5 klasifikasi yaitu
1. Teori manajemen ilmiah
2. Teori organisasi klasik
3. Teori organisasi hubungan antar manusia
4. Teori behavioral science
5. Teori aliran kuantitati


Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah
- Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
- Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
- Adanya tujuan
- Adanya sasaran
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
2. PENGERTIAN MANAJEMEN


Manajemen secara umum merupakan proses kegiatan seorang pemimpin (manajer) yang harus dilakukan dengan memprgunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan waktu yang tersedia tepat pada waktunya.


Kegiatan manajemen :
a.PLANING (PERENCANAAN)
b. ORGANIZING (PENGORGANISASIAN)
C. MOTIVATING (PENDORONG)
d. CONTROLING (PENGENDALIAN).


Di dalam menajemen dibutuhkan beberapa persyaratan :
1. harus ada tujuan/platform
2. harus ada masyarakat/anggota
3. harus ada manager/leader
4. harus ada kerjasama/corporate
5. harus ada system/mekanisme kerja yang kongkrit.






3. MANAJEMEN DAN ORGANISASI.


Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.Rumusan trsebut mengandung pengertian adanya hubungan timbale balik antara kegiatan dan kerjasama di satu pihak dengan tujuan di pihak lain.


Untuk mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien untuk mencapai tujuan bersama.Sehingga dapat diartikan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemna untuk mencapai tujuan. Jadi dalam rangka manajemen maka harus ada organisasi ,sehungga terbentuk hubungan antara manajemen dan organisasi.


4.MANAJEMEN DAN TATAKERJA.


Tata kerja atau metode adalah suatu cara bagaimana(how) agat sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat.


Pemakain tata kerja yang tepat pada intinya ditujukan untuk :
a. Menghindari adanya pemborosan di dalam pendayagunakan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
b. Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
c. Menjamin adanya pembagian kerja,waktu dan koordiansi yang tepat


HUbungan antara manajemen dan tata kerja dapat diartiakan sebagai berikut:


MANAJEMEN : Menjelaskan perlunya adanya proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai factor-factor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapai tujuan.


TATA KERJA : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.


5.MANAJEMEN , ORGANISAI DAN TATA KERJA.


Hubungan antara manajemen,organisasi dan tata kerja antara lain :


MANAJEMEN : Proses kegiatan pencapaiab tujuan melalui kerja sama antar manusia.
ORGANISASI : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokan kerja sama.
TATA KERJA : Pola cara-cara bagaimana kegiatab dan kerja sama tersebut hatus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai dengan baik.


BAB III.KESIMPULAN


Kesimpulan:
Organisasi adalah:
1) Wadah atau tempat terselenggaranya administrasi;
2) Didalamnya terjadi berbagai hubungan antar-individu maupun kelompok, baik dalam organisasi itu sendiri maupun keluar;
3) Terjadinya kerjasama dan pembagian tugas;
4) Berlangsungnya proses aktivitas berdasarkan kinerja masing-masing.
5) Manajemen lebih banyak berhubungan dengan pengambilan kebijaksanaan, koordinasi dan kepemimpinan.


Manajemen yaitu:
merupakan proses kegiatan seorang pemimpin (manajer) yang harus dilakukan dengan memprgunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan waktu yang tersedia tepat pada waktunya


Manajemen,organisasi,dan tata letak memiliki hubungan yang erat untuk mencapai tujuan bersama.




http://aditpato7.wordpress.com/2009/10/22/arti-penting-organisasi-dan-metode/
http://elearning.gunadarma.ac.id
http://www.unjabisnis.com/2010/07/pengertian-manajemen-dan-organisasi.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar