Subscribe:

Pages

UNSUR PEMBENTUK ORGANISASI

Dalam pembentukan suatu Organisasi Panti ada unsur-unsur  pembentukan Organisasi. Dengan adanya unsur-unsur tersebut diharapkan pembentukan Organisasi nantinya bisa terbentuk secara maksimal dan bisa mencapai tujuan Organisasi yang diharapkan.



Secara umum unsure organisasi sendiri paling tidak harus memiliki ketiga unsur ini,diantaranya adanya orang/anggota ,adanya suatu kerjasama dan adanya tujuan bersama .Ketiga unsure ini membentuk satu kesatuan untuk menjalan Organisasi.
Namun apabila dijelakan secara terperinci unsur-unsur dalam Organisasi antara lain:
1.     Adanya Orang/Anggota
Sebuah organisasi minimal harus memiliki 2 anggota.


2.     Kedudukan Anggota.
Setiap anggota dalam organisasi harus mempunyai kedudukan yang jelas.Dalam organisasi sendiri harus memiliki struktur-struktur kepengurusan agar setiap anggota bisa menjalankan tugas-tugasnya secara maksimal,kepengurusan organisasi yakni :
·        Adanya Pemimpin/ Penanggung jawab
·        Adanya Manager
·        Adanya Administrator
·        Adanya Worker
·        Dll


3.     Kerjasama
Ketika menjalankan organisasi sangat dibutuhkan sekali Kerjasama.Kerjasama dalah bersama sama menjalankan suatu pekerjaan untuk menjalakan pekerjaan sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.Setiap anggota  memiliki tugas-tuga yang berbeda maka dengan adanya kerjasama yang bisa menciptakan kekuatan dalam organisasi itu sendiri.
4.     Tujuan bersama.
Pembentukan organisasi pastilah memiliki tujuan.Tujuan suatu sasaran klimaks yang ingin dicapai.Dengan dicapainya Tujuan tersebut maka bisa mensejahterakan setiap angggotanya.


5.     Peralatan(Equipment).

peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).


6.     Lingkungan.
Lingkungan juga merupakan unsure yang menunjang dan sangatlah penting dalam organisasi.Dengan lingkungan yang sehat maka organisasi itu berdiri dengan sehat pula. Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi.
Termasuk dalam unsur lingkungan, antara lain :

a. Kondisi atau situasi yang secara langsung maupun secara tidak langsung    berpengaruh terhadap daya gerak kehidupan organisasi, karena kondisi atau situasi akan selalu mengalami perubahan.

b Tempat atau lokasi, sangat erat hubungannya dengan masalah komunikasi dan transportasi yang harus dilakukan oleh organisasi.

c Wilayah operasi yang dijadikan sasaran kegiatan organisasi.


7.     Kekayaan Alam
Yang termasuk dalam kekayaan alam ini misalnya keadaan iklim, udara, air, cuaca (geografi, hidrografi, geologi, klimatologi), flora dan fauna.






Referensi:






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar