Subscribe:

Pages

MACAM MACAM PASAR KONSUMEN

Pengertian Pasar secara Umum
Siapa yang tidak mengenal pasar,?? Mungkin dalam bayangkan kita pasar itu tempat yang becek,kotor,bau dll namun pengetian pasar sendiri sangatlah luas.Secara sederhana pasar bisa diartikan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan jual beli.


Namun dalam pengertian ekonomi ,pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual


Secara umum pasar dibagi menjadi dua macam yakni:
1.      Berdasarkan fisiknya, misal:
a. pasar tradisional
b. pasar raya
c. pasar abstrak
d. pasar konkrit
e. toko swalayan
f. toko serba ada, dll


2.      Berdasarkna jenis barang yang dijual ,misalnya:
a. pasar ikan
b. pasar sayuran
c. pasar buah-buahan
d. pasar barang elektronik
e. pasar barang perhiasan
f. pasar bahan bangunan
g. bursa efek dan saham, dll


Pasar Persaingan Sempurna.
Pasar persaingan sempurna  terjadi pada saat jumlah pembeli yang relative banyak dan barang yang dijual relative sama dan jumlah pembelinya juga banyak. Misalnya product beras ,sayuran, alat elektronik.
KARAKTERISTIK PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Untuk dapat dikatakan sebagai Pasar Persaingan Sempurna harus memiliki beberapa karakteristik,diantaranya:
·        Memproduksi barang-barang yang Homogan(sejenis)/Homogeneous produck.
Produk memiliki nilai kepuasan (utilitas) kepasa konsumen.
Harga sesuai dnegan harga yang ditetapkanberdasarkan harga pasar(price taker)
·        Jumlah penjuan dan pembeli relative banyak.
Banyaknya penjual dan pembeli tidak sebanyak dengan berang yang produksi .Sehingga menyebabkan kenaikan dan penurunan harga yang sewaktu waktu bisa terjadi.
·        Harga barang ditentukan berdasarkan permintaan dan penawaran .
Harga barang tergantung dengan banyaknya permintaan dan penawaran pada saat transaksi di pasar
·        Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar dari pasar.
Barang bebas dikeluarkan atau dipindahkan karena didak dikenai biaya ,dan factor mobilitasnya tidak terbatas.


KELEMAHAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Kelemahan dari Pasar persaingan sempurna antara lain:
·        Pada persaingan sempurna susah sekali adanya inovasi dalam mengembangkan produknya karena barang yang dijual relative sama
·        Konsumen terbatas untuk memilih barang.
·        Distribusi pendapatan tidak merata.
·        Penjual tidak bisa membuat harga sesuai keinginannya sendiri.
·        Hanya ada dalam kondisi perekonomian ideal.


KELEBIHAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Kelebihan dari Pasar Persaingan Sempurna antara lain:
·        Biaya tidak terlalu tinggi.
·        Penjual bebas membuka atau menutup usahanya
·        Barang yang dijual dipasar relative banyak.


Pasar Monopolistik
Pasar Monopolistik merupakan salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang memproduksi  barang  yang hampir mirip namun  perbedaan antar barang yang diproduksi terdapat pada beberapa aspek. Produsen  pada pasar monopolistikbersifat tidak terbatas tetapi  setiap produk yang diproduksi memiliki  keunggulan sendiri-sendiri sehingga antar produk yang ada memiliki kualitas yang berbeda-beda. Contoh Produsen makanan ringan,produsen buku,produsen sabun,dll.
CIRI-CIRI PASAR MINOPOLISTIK
·        Terdapat banyak produsen dan konsumen.
·        Hamper mirip dengan pasar persaingan sempurna.
·        Produsen memiliki sedikit kekuasaan untuk menentukan harga barang.
·        Relative mudah untuk keluar masuk pasar.
·        Harus memiliki keunggulan yang berbeda untuk bersaing.


KELEBIHAN PASAR MONOPOLISTIK
·        Banyaknya produsen menguntungkan konsumen untuk memilih produk yang diinginkan.
·        Karena ketatnya persaingan dapat memotivasi produsen untuk meningkatkan kualitas produksi
·        Konsumen mudah menemukan pasar ini karena pasar monopolistic pada umumnya menjual barang-barang sehari hari.
·        Daya monopoli yang relatif kecil menyebabkan kesejahteraan yang hilang relatif kecil.


KELEMAHAN PASAR MONOPOLISTIK
·        Tingkat persaingan pada pasar monopolistik sangat ketat baik dari segi harga, kualitas barang dan kualitas pelayanan.
·        Modal yang dibutuhkan untuk pasar monopolistic sangat besar karena perlu meningkatkan kualitas barang yang diproduksi.


Pasar oligopoli
Pasar Ologopoli merupakan pasar diman hanya ada beberapa podusen saja pada satu wilayah tertentu.Sehingga produsen/penjual mendominasi pangsa pasar yang ada pada wilayah tersebut.Contohnya produsen semen,produsen mobil,produsen motor.


CIRI-CIRI PASAR OLIGOPOLI
·        Hanya terdapat beberapa produsen
·        Terdapat banyak produsen
·        Barang yang dijual bersifat homogeny(sejenis)
·        Kebanyakan hanya produsen yang memiliki modal besar saja yang bisa melalukan pasar oligopoly
·        Produknya memiliki kemiripan namun antara produk suata produsen mempunyai kualitas/mutu berbeda dengan produsen yang lain.
·        Harga dibuat berdasarkan kesepakatan antar produsen.


KELEBIHAN PASAR OLIGOPOLI
·        Sedikit pesaing sehingga produsen bisa mengendalikan harga.
·        Keuntungan yang diperoleh produsen/penjual sangat besar karena barang yang diproduksi memounyai harga jual tinggi dan hanya memiliki pesaing yang sedikit.


KELEMAHAN PASAR OLIGOPOLI
·        Membutuhkan modal/invetasi yang besar.
·        Memungkinkan terjadinya persaingan harga antar produsen.
·        Beberapa produsen mungkin sudah mempunyai konsumen yang banyak sehingga  menyebabkan produsen lain sulit untuk  bersaing dengan perusahaan tersebut.
·        Produsen bisa bekerjasama sehingga bisa membentuk monolopi pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar